Tips Mudah Memotret Sunrise dan Sunset

Bagi traveller, ketika sedang melakukan perjalanan banyak spot-spot indah yang dilihat. Rasanya hampir semua titik ingin diabadikan dalam jepretan kamera. Hasil foto menjadi catatan penting dalam sebuah perjalanan. Dan terkadang hasil foto mampu lebih banyak berbicara tentang keindahan perjalanan.

Salah satu spot yang sering diburu ketika melakukan perjalanan adalah saat-saat matahari muncul dari peradaban atau turun menghilang dari garis cakrawala. Namun terkadang kita kesulitan mendapatkan dan memotret momen yang hanya berlangsung sebentar ini.

Sunset di Pulau Sempu

Sunset di Pulau Sempu

Berikut tips-tips untuk memaksimalkan berburu foto sunrise, sunset dan siluet ketika travelling.
1. Riset lokasi
Ketika merencanakan sebuah perjalanan, kita sudah bisa menentukan spot fotografi untuk berburu matahari. Perhitungkan lama perjalanan menuju lokasi, jangan samapi tiba di lokasi ternyata matahari sudah tinggi atau sudah tenggelam. Hal ini penting, karna setiap daerah memiliki perbedaan waktu. Di samping itu, suasana sebelum dan sesudah matahari muncul serta tenggelam memiliki pemandangan yang indah yang dikenal dengan istilah Golden Hour dan Blue Hour.
Usahakan 30 menit sebelum sunrise dan sunset sudah stand by di lokasi. Karena ketika tiba di lokasi kita perlu mencari titik paling strategis untuk memotret.

Golden Hour di Bromo

Golden Hour di Bromo

2. Siapkan Peralatan Pendukung
Memotret alam dengan kondisi minim cahaya membutuhkan keahlian khusus. Demikian pula memotret sunrise dan sunset, perlu persiapan matang untuk mendapatkan hasil maksimal.
Salah satu yang perlu disiapkan adalah tripod yang membantu mengurangi getaran ketika memotret. Peralatan lain yaitu remote release atau kabel release yang juga berfungsi mengurangi efek getaran.
Peralatan lainnya yang bisa mendukung hasil lebih dramatis adalah filter. Pilihan bisa filter ND, GND ataupun CPL.
Kemudian pilihan lensa bisa beragam. Tidak harus menggunakan lensa wide untuk memotret matahari, bisa juga menggunakan lensa tele. Jadi lensa apapun, tetap bisa berburu foto matahari.

Sunset di Pantai Tiku

Sunset di Pantai Tiku

3. Maksimalkan Fitur di Kamera
Kamera digital saat ini sudah memiliki fitur pendukung untuk memotret berbagai kondisi. Tidak hanya kamera DSLR, kamera poket pun bisa menghasilkan foto yang indah.
Untuk kamera DSLR, cari fitur White balance Cloudy, fitur ini akan membuat foto lebih hangat dengan warna lebih kuning kecoklatan pada warna matahari.
Disamping itu, pada kamera DSLR gunakan pula mode metering spot untuk mendapatkan exposure yang tepat. lakukan metering di sekitar matahari dan jangan tepat di mataharinya.
Untuk kamera saku, pilh mode Sunset Scene, maka kamera akan mencari exposure paling tepat untuk kondisi yang diinginkan.
Jangan lupa setting kamera di ISO rendah 100 atau 200 agar kualitas foto tetap bagus. Agar foto tetap tajam gunakan fitur Aperture (diafraghma) di F10 ke atas.

Sunset di Pantai Soge

Sunset di Pantai Soge

4. Kreatif
Jangan hanya terpaku pada matahari. Lihatlah sekeliling, komposisi foto tidak hanya berisikan gambar matahari saja. Jangan ragu untuk menambahkan obyek lain dalam bingkai agar foto sunrise atau sunset tidak terasa monoton. Buatlah siluet di foreground yang mampu memberikan kesan tersendiri dalam sebuah foto.
Untuk membuat siluet arahkan metering kamera ke cahaya yang paling terang sekitar matahari. Kemudian arahkan fokus pada obyek yang akan dijadikan siluet, bisa berupa manusia, pohon, dermaga kapal, benda mati atau apapun yang ada di sekitar.

Danau Tondano menjelang senja

Danau Tondano menjelang senja

5. Terus Mencoba
hampir tiap hari matahari akan terus terbit dan terbenam. Jadi tidak ada kata terlambat untuk selalu mencoba. Karena sering view yang didapat akan berbeda, entah itu intensitas warna orangenya atau bentuk-bentuk awannya. Foto yang dihasilkan pun akan bervariasi. Dengan terus mencoba kita juga akan terbiasa mengatasi situasi dan spot yang tidak terduga. (Elif06)

Sunset di Pulau Bawean

Sunset di Pulau Bawean

6 komentar di “Tips Mudah Memotret Sunrise dan Sunset

Tinggalkan komentar